Woow..Pendapatan Negara dari Industri Tambang Capai Rp 46,6 Triliun

  • Redaktur by Wawan Minggu, 20 Jan 2019, 14:49

Woow..Pendapatan Negara dari Industri Tambang Capai Rp 46,6 Triliun

JAVANEWS.TV | BANDUNG, -

Realisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) atas sektor mineral dan batu bara pada Desember 2018 mencapai Rp46,6 Triliun. Namun, selama ini masyarakat masih menilai industri tambah hanya berdampak negatif pada lingkungan saja.

Ketua Indonesia Mining Assosiation (IMA) mengatakan manfaat tambang dalam kehidupan sehari-hari dapat diamati secara mudah. Seperti pada produk mineral tembaga yang dimanfaatkan sebagai bahan dasar terbaik penghantar listrik (konduktor). Juga produk batu bara yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik, alumunium untuk industri packaging dan nikel yang dimanfaatkan sebagai bahan baterai isi ulang.

"Hingga minyak bumi yang merupakan bahan utama penghasil bahan bakar premium, minyak tanah juga aspal," katanya kepada wartawan di Bandung, Minggu (20/1/2019)

Untuk itu, sebagai bentuk upaya dalam memberikan pemahaman yang lebih konprehensif bagi masyakarat tentang manfaat dari aktivitas pertambangan. Maka sejumlah perusahaan tambang yang tergabung dalam IMA bekerjasa sama dengan Museum Geologi Indonesia menyelenggarakan Mining of Life di Bandung.

Menurut Ido, Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam, khususnya di sektor pertambangan. Begiu besarnya potensi sektor pertambangan ini sehingga menjadi salah satu penyumbang utamab dari PNBP.
Baca Juga:

Pakai Baju Tahanan KPK dan Tangan Diborgol, Imam Nahrawi: Ini Takdir Saya

Gegara Demo Mahasiswa, 4 Saham BUMN Tambang Berguguran!


"Kegiatan ini sebagai bentuk kedekatan dunia pertambangan dengan kehidupan sehari-hari kita,"ujarnya

Dia berharap bisa memberikan gambaran positif melalui pertambangan melalui peran dan praktik-praktik pertambangan yang benar dan berkelanjutan.

Senada dengan, Ketua Ikatan Geologi Indonesia, Sukmandaru mengatakan bahwa evolusi industri pertambangan membawa peradaban kehidupan ke era sekarang yakni revolusi industri 4.0.

Menurutnya, industri pertambangan juga mampu meningkatkan taraf ekonoi masyarakat karena tingginya penyerapan sumber daya manusia di sektor tersebut.

"Hampir seluruh aspek dalam kegiatan sehari-hari dipernudah dengan adanya elemen yang dihasilkan oleh tambang," pungkasnya. (mat)

javanews.tv

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..