FDK UIN SGD Bandung Gelar Workshop Peningkatan Mutu Perkuliahan Daring

  • Redaktur by Wawan Rabu, 28 Apr 2021, 18:01

Diskusi dan Bedah Buku


JAVANEWS | BANDUNG,-
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung menyelenggarakan acara Workshop, yang mengangkat tema “Peningkatan Mutu Perkuliahan Daring : Pengembangan materi dan Media Perkuliahan dilingkungan FKD UIN SGD Bandung.

Acara tersebut menghadirkan Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si sebagai Rektor UIN SGD Bandung, Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag sebagai Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD. Dan narasumber Prof. Dr. Deni Darmawan, M.Si (Guru Besar Teknologi Pembelajaran dan Komunikasi Pendidikan, UPI Bandung ), dan Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed (Guru Besar Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN SGD Bandung), dengan moderator Prof. Dr. H. Dindin Solahudin, MA (Wakil Dekan II), dan Dr. H. Dadan Suherdina, M.Ag (Wakil dekan III). Dilaksanakan di Hotel Puri khatulistiwa, tanggal 26-27 April 2021, secara terbatas dan melalui Prokes.

Dekan FDK UIN Bandung Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag , dalam sambutannya menyampaikan, perkuliahan daring yang sudah dilaksanakan selama ini perlu untuk diakukan evaluasi dan quality control secara sistem dan substansi untuk meningkatkan hasil (result), target, dan out put yang maksimal dan optimal. Workshop ini memiliki tujuan mengembangkan wawasan dan skill dalam pengembangan perkuliahan melalui media daring, juga bisa melakukan Teknik evaluasi perkuliahan."Acara ini juga untuk memberikan spirit dan motivasi kepada civitas akademika dosen dilingkungan FDK UIN SGD Bandung," katanya.

Acara workshop FDK ini langsung dibuka oleh Rektor UIN SGD Bandung Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si, dalam dalam sambutannya, Rektor UIN ini menyampaikan apresiasi kepada fakultas Dakwah dan Komunikasi atas terselenggaranya workshop ini, termasuk dengan melibatkan narasumber dari luar kampus. Ia menjelaskan, saat ini UIN Bandung berada pada posisi ke-2 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia setelah Universitas Indonesia (UI), berdasarkan survey research Scimago Institutions Rankings.

Baca Juga:

FDK UIN SGD Bandung Menggelar Diskusi dan Bedah Buku

Diskusi dan Bedah Buku FDK UIN SGD BANDUNG 2021

"Alhamdulilah ini adalah capaian yang baik, dan harus ditingkatkan. Kita harus all out, teman-teman harus survive  dan tidak berhenti untuk menulis karya ilmiah dan penelitian diperkuat,  kemudian dipublikan di jurnal-jurnal ilmiah yang terkadreditasi dan bereputasi. Ia menambahkan untuk bisa meningkatkan nilai unggul akreditasi dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan diperlikan ikhitiar tambahan untuk memperolehnya, satu diantaranya dengan melanjutkan Pendidikan. Ini catatan yang harus diperhatikan semua pihak," pungkasnya. 

Workshop ini juga dihari oleh Prof. Dr. Deni Darmawan, M.Si, yang merupakan guru Besar teknologi Komunikasi Pendidikan UPI Bandung, dalam paparan materinya ia menyampaikan tentang pengembangan materi dan media perkuliahan Daring. Menurutnya, teknologi komunikasi Pendidikan sekarang ini banyak dicari, karena semua pembelajaran dan perkuliahan dilakukan secara daring. Dalam menyelenggarakan pembelajaran daring, dosen dapat mengkombinasikan dari 2 pendekatan sinkronus dan asinkronus dengan berbagai media teknologi baik yang sudah ada, maupun teknologi yang bisa mengakses content global, dan teknologi yang dalam standar global. Ia juga menambahkan, untuk bisa variatif dalam menggunakan multi platform media daring.

Narasumber lain, Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed, sebagai Guru Besar Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN SGD Bandung, mengakatan pentingnya pengembangan model materi perkuliahan dan bagaimana mana Teknik evaluasi perkuliahan yang tepat, suasuai target dan tujuan. Teknik evaluasi perlu dipahami dan dilakukan untuk mecari solusi dan mengatasi permasalahan yang ada dalam proses perkuliahan, instrumen Teknik evaluasi menjadi penting.

Pada sesi workshop selanjutnya, Dr. H. Enjang AS, M.Si yang juga sebagai Wakil Dekan 1, melakukan pengarahan untuk melakukan evaluasi dan pengembangan perkulihan ini dengan membentuk group discussion kepada seluruh dosen. Dalam arahannya, Ia mengungkapkan bentuk evaluasi ini dengan cara pembagian kelompok berdasarkan MKDU, Rumpun Ilmu, dteam teaching, kemudian Sharing and Group Discussion tentang materi dan metode perkuliahan dari semua dosen.

Kemudian, pada hari ke-2 workshop, Wadek 1 membuka sesi penyampaian hasil dan rekomendasi dari dosen homebase dan prodi, yang di bantu oleh KPM FDK, yaitu Aep Wahyudin dan Fatin Anjani untuk memandu jalannya penyampaian hasil group discussion dan pandangan umum. (wan)

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..