Ternyata Fungsi Utama Behel Sepeda Motor Bukan untuk Pegangan Boncengan

  • Redaktur by rahmat Selasa, 04 Mei 2021, 10:00

Foto: Kompas.com

JAVANEWS.TV I JAKARTA,-

Hampir setiap sepeda motor dilengkapi dengan behel yang berada tepat di belakang jok. Tak sedikit yang salah menggunakan benda tersebut sebagai pegangan boncenger.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, penempatan behel di bagian belakang tak lebih untuk memudahkan pemilik motor ketika akan memarkir motor dengan standar tengah.

"Selama ini memang banyak yang salah, paling utama pemboncengnya sendiri. Selain untuk tumpuan saat mau standar tengah, fungsi lain dari behel sebenarnya juga ke estetika dan membantu ketika saat membawa barang serta memindahkan motor ketika parkir," kata Agus, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca Juga:

Nekat Parkir di Tangga Masjid, Aef Ngamuk Banting Motornya

Begini Tampilan Motor Listrik Honda PCX Electric, Yang Akan Menjadi Motor Tren Masa Depan


Agus menambahkan, memegang behel saat berkendara justru berisiko bagi pembonceng. Sebab, secara tak langsung pembonceng memberikan tumpuan dan membuat bagian belakang motor jadi lebih berat.

Posisi tersebut akan berdampak negatif bagi handling motor. Pengemudi bisa saja kesulitan saat akan melakukan manuver atau ketika akan berbelok.

Agus mengatakan, berpegangan pada behel dapat menimbulkan bahaya.

Sebab, posisi tubuh jadi tak seimbang ketika pengemudi tiba-tiba melakukan akselerasi. Pembonceng bisa saja makin terpental ke belakang.

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..