BMCI Sesalkan Hoax Terkait Penyaluran Donasi Alfamart

  • Redaktur by Wawan Tuesday, 09 Apr 2019, 11:53
  • 30,190
  • 30

JAVANEWS.TV | BANDUNG, -   Ketua Yayasan Bahrul Maghfiroh Cinta Indonesia (BMCI) Edi Santosa menyayangkan adanya kesalah pahaman terkait donasi konsumen alfamart. Terlebih hal tersebut merupakan informasi yang tidak jelas. 

Diungkapkannya, sebelumnya beredar struk belanja yang menyatakan sembako tersebut untuk kepentingan politik.

"Kejadian itu merupakan berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan (HOAX)," kata Edi dalam siaran pers yang dikirim ke redaksi, Selasa (9/4/2019).

Menurutnya, hal itu berawal dari struk belanja salah seorang konsumen. Struk itu merupakan salah input, seharusnya Rp. 100 menjadi Rp 10.000 dan saat kejadian pihak kasir Alfamart langsung menggantinya secara tunai, konsumen atas nama Ibu Rahmi telah menerima penjelasan dan tidak mempermasalahkan hal itu, sehingga permasalahan telah selesai.

“Kami mohon masyarakat tidak ikut terhasut ataupun menyebarluaskan konten tersebut karena tidak dapat dipertanggung jawabkan dan menyesatkan," katanya.

Dipaparkan Edi, Yayasan Bahrul Maghfiroh Cinta Indonesia (BMCI) bekerjasama dengan Alfamart pada periode 1 Januari - 31 Maret 2019 mengusung program pemberian paket sembako gratis bagi masyarakat prasejahtera.

Baca Juga:

Soal Kabar Abubakar Meninggal Dunia, Aa Umbara: Itu Hoax!

Polda Jabar Tangkap Penyebar Hoax Asal Cirebon

Program pemberian paket sembako gratis bagi masyarakat prasejahtera tersebut sesuai dengan izin Kementerian Sosial (No. Izin. Reg Pengumpulan Sumbangan Kemensos RI 56/HUK-PS/2019).

Adapun sumber dana yang digunakan berasal dari donasi kembalian konsumen, yaitu dengan menyisihkan sebagian kembalian uang belanja yang kurang dari 500 rupiah.

"Dengan teknis penggalangan donasi kembalian konsumen, kasir Alfamart menawarkan kepada konsumen apakah bersedia untuk berdonasi? jika tidak, uang akan dikembalikan sehingga tidak ada sistem pemotongan langsung," katanya.

Dalam hal itu Yayasan BMCI berkomitmen untuk memberikan serta menyalurkan paket sembako kepada masyarakat prasejahtera yang membutuhkan.

"Tentunya hal ini berbanding terbalik dengan berita yang muncul ke permukaan saat ini,” kata Edi. (wan)

javanews.tv

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..