Jelang Lebaran Kenaikan Harga Bahan Pokok di Pasar Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung

210516120219-jelan.jpg

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Tia Fitriani saat melakukan sidak harga kebutuhan bahan pokok jelang Hari Raya Iedul Fitri 1442 H di Pasar Dayeuh kolot, Kabupaten Bandung. Jum’at, (7/05/2021) (ist)

JAVANEWS | KAB BANDUNG,- Komoditas daging ayam di Pasar Dayeuh kolot Kabupaten Bandung terpantau mulai mengalami kenaikan di kisaran harga Rp. 40.000 per kilogram (kg) dan diperkirakan akan terus mengalami kenaikan hingga menjelang Hari Raya Iedul Fitri 1442 H atau Lebaran 2021.

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Tia Fitriani mengatakan jika harga di Pasar Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung ini ditemukan ada kenaikan sekitar Rp. 4000 dibandingkan di pasar-pasar lainnya.

“Yang jelas di pasar ini kita menemui harga sudah mulai naik, terutama di ayam ini sekarang sudah di 40rb per kilo sementara di pasar yang lain masih 36rb, sedangkan menjelang nanti lebaran itu pasti ada kenaikan lagi” katanya di Pasar Dayeuh kolot, Kabupaten Bandung. Jum’at, (7/05/2021).

Menurut Tia, harga bahan pokok lainnya terlihat masih relatif stabil dan hanya disalah satu pasar, karna dari hasil sidak sebelumnya belum ada kenaikan yang signifikan dibandingkan temuannya hari ini.

“Untuk barang pokok lainya masih stabil, memang ada kenaikan tapi di tempat lain masih stabil, jadi ini pun sifatnya cuma di satu tempat saja ya,” tuturnya saat melakukan sidak harga kebutuhan bahan pokok di pasar tersebut.

Tia juga menjelaskan, ditemukan pula dipasar ini ada penurunan daya beli masyarakat hingga sekitar 40% dibanding tahun sebelumnya, hal itu dirinya ketahui dari para pedangang dan itu menurutnya angka yang cukup besar serta harus segera ditanggulangi.

“dibandingkan tahun lalu, Tahun lalu itu masih lebih bagus. Tahun ini penurunan pembelian dari masyarakat ini turun 40%. Jadi lumayan besar juga penurunannya” jelas Tia.

Sehingga, ujar Tia, harus ada antisipasi akan penurunan daya beli masyarakat tersebut agar tidak merugikan para pedagang dan itu menjadi pekerjaan rumah bersama agar para pedagang dapat memperoleh keuntungan yang kembali normal seperti tahun tahun sebelumnya.

“Jadi ini juga perlu kita antisipasi juga, jangan samapai hal tersebut akhirnya membuat para pedagang ini juga kesulitan untuk bertahan hidup dengan usahanya” tutupnya.

Sebelumnya, DPRD Provinsi Jawa Barat telah melakukan sidak harga bahan pokok menjelang Lebaran Tahun 2021 dibeberapa pasar di Jawa Barat, yaitu pasar Baleendah Kabupaten Bandung, Pasar Tagog Kabupaten Bandung Barat hingga Pasar Dayeuh kolot, Kabupaten Bandung. Dari beberapa pasar yang telah disidak itu ditemukan adanya fluktuasi harga di Pasar Baleendah dan Pasar Dayeuh Kolot serta ditemui juga terjadi penurunan daya beli masyarakat. (WAN)

Pewarta: Wawan
Editor: Agus Hermawan
©2021 JAVANEWS.TV

Komentar