Ini Dia Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Perlu Menyimpan Nomor Kontak

Logo WhatsApp

JAVANEWS.TV - Rasanya kini hampir setiap orang menggunakan WhatsApp sebagai alat untuk berkomunikasi jarak jauh. Keberadaan WhatsApp telah menjadi aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Melalui WhatsApp, pengguna bisa saling mengirim pesan berupa teks, gambar, video maupun audio ke sesama pengguna lain. 
Dilansir dari laman kompas.com, dalam menggunakan WhatsApp, nomor telepon tentu menjadi aspek yang paling penting untuk menggunakan WhatsApp. Pengguna tidak akan dapat mengirim pesan jika tidak mengetahui nomor dari orang yang dituju.

Foto Wajah Sendiri Namun agar bisa saling berkirim pesan, ada satu syarat lain yang harus dipenuhi. Syaratnya, pengguna harus menyimpan nomor orang yang ingin dihubungi di dalam buku telepon atau daftar kontak.

Dengan disimpannya nomor telepon di dalam daftar kontak, WhatsApp akan memindai daftar tersebut dan melihat siapa saja orang yang juga menggunakan pesan instan ini. Sehingga pengguna dapat memulai untuk saling bertukar pesan.
Lantas bisakah kita mengirim WhatsApp meski nomor kontaknya tidak kita simpan di daftar kontak? Ternyata hal itu bisa saja dilakukan lewat sebuah fitur bernama "Click to Chat".

Dengan fitur ini pengguna bisa memulai chat dengan seseorang tanpa harus menyimpan nomor telepon orang tersebut di buku telepon ponsel. Syaratnya, pengguna tentu saja harus mengetahui nomor orang yang akan dihubungi. Setelahnya, tinggal ikuti langkah-langkah berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari blog WhatsApp, Rabu (1/5/2019).

Cara memakai:
Click to Chat Langkah pertama pengguna harus membuka browser yang tersedia pada ponsel maupun laptop. Kemudian ketik alamat "https://wa.me/" tanpa tanda kutip, diikuti dengan nomor telepon yang dituju.
Baca Juga:

Pelapak Sulit Berdagang Online WhatsApp dan Instagram Dibatasi

Penggunaan WhatsApp Dibatasi Sementara, Warganet Beralih Gunakan VPN


Nomor yang dimasukkan harus disertai dengan kode negara sebagai pengganti angka nol (0). Selain itu, pengguna juga tidak diperkenankan mengetikkan simbol lain seperti misalnya tanda plus (+).

Jadi contohnya yang benar adalah seperti ini, tanpa tanda kutip: "https://wa.me/6281312348765" Jangan menggunakan simbol atau angka nol di bagian depan seperti contoh ini: "https://wa.me/+6281312348765 atau https://wa.me/081312348765".

Selain itu, fitur Click to Chat Juga bisa membuat chat beserta isi pesan secara otomatis. Untuk membuatnya, pengguna bisa mengikuti langkah berikut ini. Format yang digunakan adalah "https://wa.me/nomorteleponwhatsapp/?text=tekskodeurl" tanpa tanda kutip. Contohnya adalah "https://wa.me/628561333111?text=Saya%20butuh%20informasi%20terkait%20rumah%20Anda".

Secara otomatis, pesan yang akan pengguna kirim akan terisi dengan kalimat "Saya butuh informasi terkait rumah Anda" seperti contoh di atas. (sumber: Kompas.com/sp)


javanews.tv

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..