Ini Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah Rasulullah

Ilustrasi. Foto: istimewa

JAVANEWS.TV - Mungkin doa buka puasa sesuai sunnah berbeda-beda menurut pandangan orang-orang. Namun pada intinya doa buka puasa sesuai sunnah memiliki makna ucapan rasa syukur karena mampu menjalankan ibadah puasa. Doa buka puasa sesuai sunnah dijelaskan melalui beberapa hadits dari Rasulullah dan juga para sahabat Rasulullah. 

Doa buka puasa pasti akan diucapkan saat waktu berbuka. Waktu berbuka setiap daerah di dunia pasti berbeda-beda karena setiap daerah ini memiliki waktu terbenam matahari yang berbeda. Waktu berbuka puasa memang ditandai dengan terbenamnya matahari dan berkumandangnya adzan maghrib.

Buka puasa juga merupakan tindakan yang dianjurkan dan akan mendapat pahala jika dilakukan. Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk orang yang berpuasa menyegerakan berbuka ketika sudah datang waktunya. Berikut ini adalah hadits yang menjelaskan buka puasa.

Dari Sahl bin Sa’ad Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

لاَيَزَالُ النَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا الْفِطْرَ
tan
Artinya: Senantiasa manusia di dalam kebaikan selama menyegerakan bebuka. (Hadits Riwayat Bukhari 4/173 dan Muslim 1093)

Kemudian saat berbuka puasa kita dianjurkan untuk membaca doa buka puasa. Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa doa buka puasa sesuai sunnah yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (6/5/2019).
2 dari 3 halaman
Doa Buka Puasa Sesuai Sunnah

Doa buka puasa sesuai sunnah dijelaskan dalam beberapa hadist sebagai berikut.

عَنْ مُعَاذِ بْنِ زُهْرَةَ، أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ، وَ عَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Artinya: Dari Mu’adz bin Zuhrah, sesungguhnya telah sampai riwayat kepadanya bahwa sesungguhnya jika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka puasa, beliau membaca (doa), ‘Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthortu-ed’ (ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka).

Dalam hadits di atas, Rasulullah memberikan contoh doa buka puasa sesuai sunnah. Untuk lebih jelasnya berikut doanya.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Artinya: Ya Allah karenaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah, dan sengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmatMu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Selain doa buka puasa di atas, ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa doa buka puasa adalah sebagai berikut.

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

Artinya: Telah hilang dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki. (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud [2/306, no. 2357] dan selainnya; lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678)

Itulah beberapa doa buka puasa sesuai sunnah yang dianjurkan saat berbuka puasa. Keduanya memiliki makna yang sama yaitu ucapan syukur karena mampu menjalankan ibadah puasa selama sehari penuh. (Liputan6.com/sp)


javanews.tv

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..