Banjir Bandang di Cilengkrang, Izin Pembangunan di Kawasan Bandung Utara Diperketat

Petugas tengah membersihkan material lumpur dan batu di kawasan lokasi bencana banjir bandang Jatiendah Regency, Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Senin (11-02-2019). Foto: istimewa



JAVANEWS.TV, BANDUNG - Kondisi anak Sungai Cipanjalu sudah tidak layak hingga menyebabkan tanggul jebol di kompleks
Jatiendah Regency, Dusun Pasirjati, Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Wakil Bupati Bandung Gungun Gunawan mengatakan, area anak sungai itu terjadi penyempitan yang akhirnya membuat air meluap dan berarus kencang.

"Dulunya lebar, tapi sekarang karena banyak pembangunan dan perumahan terjadi penyempitan," ujar Gungun saat meninjau lokasi seperti dilansir detik.com, Senin (11/2/2019).

Baca Juga:

Kantor BPTP Dinas Pertanian Rusak Parah Diterjang Banjir Bandang Cilengkrang

Soal Banjir Cilengkrang, Kang Emil: Pak Bupati, Tolong Cek Kawasan Hulu!

Ia memastikan akan melakukan evaluasi dan penertiban terhadap sejumlah bangunan termasuk perumahan yang berada di Kawasan Bandung Utara (KBU) terkait izin dan alih fungsi.

"Kalau ada bangunan tak berizin apalagi di bantaran sungai akan segera kita tertibkan. Sehingga tidak ada lagi penyempitan yang membuat bottleneck. Kita cek dan kita perketat lagi perizinan," katanya.

Untuk melakukan evaluasi dan penertiban pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dan BBWS Citarum yang lebih berwenang mengurusi sungai tersebut.
Kini Pemkab Bandung sedang melakukan perbaikan sementara terhadap tanggul jebol menggunakan bronjong. Nantinya tanggul dibuat permanen setelah berkoordinasi dengan PUPR dan BBWS. (SP)

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..