Ridwan Kamil Ajak HDCI Promosikan Wisata Indonesia

210529143443-ridwa.jpg

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil saat menghadiri rangkaian Musyawarah Nasional (Munas) VII HDCI di Hotel JW Marriot Surabaya, Sabtu (29/5/2021). (ist)

JAVANEWS | SURABAYA ,- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menghadiri rangkaian Musyawarah Nasional (Munas) VII Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) di Hotel JW Marriot Surabaya, Sabtu (29/5/2021). Dalam acara tersebut, ia mengajak anggota HDCI untuk promosikan wisata Indonesia secara masif.

Menurut Kang Emil sapaan Ridwan Kamil, wisata outdoor akan menjadi tren pascapandemi COVID-19. Wisatawan akan memilih destinasi wisata alam karena lebih aman dari penularan COVID-19 ketimbang wisata indoor. Banyak wisatawan yang mengendarai kendaraan roda dua saat berwisata.

"Saya juga sering gunakan motor untuk promosi wisata dan budaya," kata Kang Emil.

"Jadi saya titipkan ke HDCI promosikan wisata Indonesia," tambahnya.

Jika anggota HDCI masif mempromosikan pariwisata, Kang Emil optimistis pariwisata Indonesia akan kembali menggeliat usai terpuruk akibat pandemi COVID-19. Hal ini juga akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Selain promosi pariwisata, Kang Emil juga berharap HDCI untuk lebih peduli kemanusiaan khususnya kebencanaan. Menurutnya, di balik keindahan alam Indonesia, ada potensi kebencanaan yang cukup besar.

"Di mana ada kebencanaan disitu harus ada HDCI yang peduli membantu. Kita harus menjadi kelompok tangan di atas," ucapnya.

Kang Emil tak memungkiri bahwa mayoritas anggota HDCI adalah golongan yang beruntung dari segi ekonomi atau strata sosial. Namun menurutnya, apabila tanpa melakukan hal yang sifatnya inklusif dalam program-programnya, maka tidak akan mendapat simpati masyarakat.

"Kalau hanya menampilkan kekitaan saja, masyarakat tidak akan simpati. Tapi kalau dalam program-programnya merangkul atau inklusif, itu luar biasa," katanya.

"Perilaku kita pasti disorot masyarakat karena sekarang zamannya viral, 99 persen kebaikan kita akan hilang oleh 1 persen kesalahan kita," tambahnya.

Dalam rangkaian munas tersebut, Kang Emil dikukuhkan menjadi anggota kehormatan atau honorary member HDCI. Pengukuhan ditandai dengan penyematan rompi dan topi HDCI. Selain Kang Emil, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan motivator Ary Ginanjar Agustian juga dikukuhkan sebagai anggota kehormatan HDCI.

"Atas nama pribadi, terima kasih atas kehormatan ini semoga bisa menjadi kebermanfaatan di masa depan," kata Kang Emil. (wan)

Pewarta: Wawan
Editor: Agus Hermawan
©2021 JAVANEWS.TV

Komentar