210506233443-tips-.jpeg

Sekolah Tatap Muka (Foto: Humas Jabar)

Tips Mempersiapkan Anak Menghadapi Sekolah Tatap Muka

JAVANEWS.INFO I BANDUNG,- Menjadi seorang ibu tentu bukan tugas yang mudah. Apalagi di tengah pandemi, Bunda perlu menjaga anak dan keluarga terhindar dari infeksi virus dan penyakit. Apalagi saat ini pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk melakukan uji coba sekolah tatap muka. Hal ini tentunya membuat Bunda perlu ekstra hati-hati menjaga kesehatan anak.

Agar anak terhindar dari infeksi virus dan penyakit selama sekolah tatap muka, tentunya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Melansir Avera Health, berikut 5 tips yang dapat bantu para Bunda untuk mempersiapkan anak menghadapi sekolah tatap muka.

1. Pastikan Anak Tidur Lebih Awal

Sekolah tatap muka dengan sekolahonlinetentu akan memiliki sistem yang berbeda, termasuk jadwal sekolah. Oleh karena itu ada baiknya untuk memastikan anak-anak tidur lebih awal agar dapat melakukan rutinitas pagi. Tidur lebih awal juga akan membantu anak mendapatkan istirahat yang cukup sehingga staminanya tetap terjaga.

2. Sesuaikan Rutinitas Anak

Selama sekolah di rumah, rutinitas anak tentunya dapat dibilang lebih bebas dibanding sekolah tatap muka nantinya. Dalam hal ini, peran ibu untuk menyesuaikan rutinitasnya dengan sekolah tatap muka menjadi penting. Cobalah lakukan penyesuaian mulai dari jadwal bangun, cara belajar dan lainnya sehingga anak tak kaget saat sekolah tatap muka.

3. Ajari Anak Disiplin Prokes

Satu hal penting yang perlu Bunda ajarkan jelang sekolah tatap muka adalah disiplin protokol kesehatan. Berilah contoh kebiasaan baik mulai dari mencuci tangan dengan sabun dan air, menutup mulut saat batuk dan bersin, mengenakan masker hingga menjaga jarak.

4. Siapkan Perlengkapan Pribadi Anak

Agar kesehatan dan kebersihan anak selama sekolah tatap muka terjamin, Bunda juga perlu siapkan perlengkapan pribadi sepertihand sanitizerdan tisu untuk anak. Selain itu, siapkan juga alat kesehatan lain seperti masker atauface shieldyang nyaman dan aman dikenakan saat sekolah.

5. Jaga Nutrisi Anak

Di tengah pandemi, menjaga kesehatan anak dari dalam juga sangat penting. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan nutrisi yang sehat seperti sayur, buah, susu dan vitamin imun anak. Selain itu, pastikan juga agar Bunda selalu menyiapkan bekal makan siang, camilan sehat dan botol air minum selama anak mengikuti sekolah tatap muka.

Penulis/Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2021 JAVANEWS.TV

Komentar