Cetak Ribuan Tenaga Terampil, BLK Sukabumi Berkomitmen Tingkatkan Kualitas SDM

  • Redaktur by Wawan Tuesday, 13 Aug 2019, 22:14

Pelatihan - Sejumlah calon tenaga kerja saat mengikuti pelatihan berbasis kompetensi di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi. Saat ini sudah mencetak sebanyak 2.216 orang tenaga kerja terlatih.

JAVANEWS.TV I SUKABUMI - UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi telah mencetak sebanyak 2.216 orang tenaga kerja terlatih. Mereka ikut serta dalam pelatihan berbasis kompetensi.

“Sebanyak 2016 orang dibiayai oleh APBN, dan sebanyak 200 orang dibiayai APBD Kabupaten Sukabumi," kata Kepala UPPTD BLK Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Ridwan Agus Muharam, Selasa (13/8/2019).

Agus menjelaskan, selama tahun 2019, ada 90 paket pelatihan yang terbagi dalam 10 kejuruan. Di antaranya, las listrik, tekhnik manufaktur, otomotif, menjahit, pertanian, komputer, manajemen.

"Mereka mengikuti pelatihan selama 20 hari atau 160 jam pelatihan," jelasnya.

Selama pelatihan, kata dia, para peserta didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan. Kebijakan ini untuk melindungi mereka dari hal-hal yang tidak diinginkan, semacam kecelakaan saat pelatihan.

"Langkah ini diambil untuk mengantisipasi berbagai hal selama proses platihan," jelasnya.

Para peserta pelatihan ini disiapkan untuk memasuki dunia usaha dan dunia kerja. Namun, kata Ridwan, untuk mencapai target tersebut tentunya dibutuhkan kolaborasi atau penyamaan program dengan instansi berkompeten lainnya.

"Kami telah menjalin komunikasi dengan berbagai perusahaan untuk menempatkan mereka, juga menjalin komunikasi dengan instansi pemerintah dalam membantu mengembangkan usahanya," tandasnya.

Dia berharap, para peserta yang telah lulus dari pelatihan itu dapat memanfaatkan ilmunya, sehingga berguna untuk orang lain.
"Melalui pelatihan ini, kami berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kabupaten Sukabumi agara tarap hidupnya dapat meningkat dan sejahtera," pungkasnya. (Ricky)

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..