Ini Penyebab Tumbangnya Pohon Besar Di Jalan Bhayangkara

  • Redaktur by Wawan Wednesday, 11 Sep 2019, 19:48

Petugas Bersama Warga Sedang Menyingkirkan Pohon Yang Mengganggu Lalulintas.

JAVANEWS.TV | SUKABUMI - Pohon beringin dengan tinggi belasan meter di Jalan Bhayangkara, Kota Sukabumi, tumbang melintang nyaris menutup seluruh badan jalan, Rabu (11/9/2019). Akibatnya, sempat terjadi kemacetan lalulintas hingga beberapa menit.

Kepala Seksi Penataan Jalur Hijau, DLH, Kota Sukabumi, Andri Kuswanda mengatakan, pohon beringin yang tumbang mempunyai diameter 50 centimeter dengan tinggi 12 meter. Pohon tersebut tumbang tercabut dari akarnya akibat angin kencang yang menerpa Kota Sukabumi.

"Selain itu ada kondisi pohonnya pun sudah tua dan tempat pohon berdiri agak sedikit berongga, sehingga saat angin menerpa tidak ada penahan pada bagian akar," kata Andri, Rabu (11/9/2019).

Andri menjelaskan, tumbangnya pohon ukuran belasan meter tersebut sempat mengganggu laju lalu lintas, beberapa kendaraan yang melaju di jalan Bhayangkara sempat terhambat karena, pada saat tumbang pohon hampir menutup seluruh badan jalan. Namun lalu lintas kembali normal setelah pohon bisa ditangani dibantu oleh TNI, Polri, BPBD, Dishub, dan Satpol PP.
Baca Juga:

Walikota Sukabumi Apresiasi Kinerja Arafah

PVMBG Sebut Gempa Bumi Sukabumi Tidak Berpotensi Tsunami


"Penanganan dibantu juga warga setempat, sehingga kurang dari satu jam pohon yang tumbang bisa diatasi dan arus lalulintas bisa kembali normal,"jelasnya.

Lebih jauh Andri mengungkapkan, sepanjang jalur Bhayangkara memang termasuk wilayah yang rawan terjadinya pohon tumbang. Sebelumnya pihaknya sudah melakukan antisipasi sejak beberapa pekan yang lalu berupa pemangkasan.

"Kita sudah mulai melakukan pemangkasan, beberapa Minggu lalu kami sudah menyisir dari wilayah bagian barat Jalan Bhayangkara. Kita masih melakukan pemantauan dan akan dilakukan pemangkasan jika perlukan, hal itu dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," pungkasnya. (Ricky)

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..