Emil Akan Jajaki Non ASN Bisa Jadi Sekda Jabar

  • Redaktur by Wawan Wednesday, 11 Sep 2019, 20:22

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Melantik Daud Achmad Sebagai Penjabat Sekda Jabar di Gedung Sate, Rabu (11/9/2019)

JAVANEWS.TV | BANDUNG, - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) berencana membuka lelang jabatan untuk posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat dalam waktu dekat ini.  Hal tersebut seiring ditetapkannya Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa sebagai tersangka suap proyek Meikarta. Saat ini Emil pun telah melantik Daud Achmad Sebagai Penjabat Sekda Jabar. 

Emil mengatakan, pihaknya akan membuka lelang jabatan untuk mencari pejabat definitif pada posisi tersebut. Selain diikuti ASN, menurutnya proses itupun dimungkinkan untuk diikuti kalangan non ASN.

Dia mengaku akan segera mengkonsultasikan ke para pihak terkait dengan harapan bisa memperoleh rekomendasi untuk menjajaki sekda dari kalangan non ASN.

"Akan kami konsultasikan dan meminta rekomendasi seperti apa," kata Emil usai melantik Daud Achmad sebagai penjabat (pj) Sekda Jawa Barat, di Gedung Sate Bandung, Rabu (11/9/2019).

Menurutnya pemilihan sekda dari kalangan non ASN tidak melanggar aturan. Oleh karena itu, Emil memberi waktu dua pekan kepada Daud Achmad untuk memroses tahapan dan persyaratan lelang jabatan tersebut.

"Saya beri waktu dua minggu untuk proses awal. Pas tiga bulan berakhir, harus sudah selesai," katanya.

Lebih lanjut Emil mengatakan, Daud Achmad akan menjadi pj sekda selama tiga bulan. Selain mempersiapkan lelang jabatan, menurut dia terdapat banyak tugas lainnya yang harus diselesaikan.
Baca Juga:

Ini Tanggapan UST Adi Hidayat Terkait Pembakaran Bendera Tauhid

Woow...Kocaknya Tingkah Para Selebriti Saat Kunjungi Museum Gedung Sate


"Tugas menanti sangat berat. Ini bukan hal mudah. Banyak PR, antrean keputusan sebelum ke saya, ada di sekda," katanya seraya menyebut Daud Achmad bisa mengambil keputusan formal meski sebagai pj.

Namun, menurut Emil, Daud Achmad tidak bisa mengikuti lelang jabatan karena terbentur usia sehingga akan memasuki masa pensiun.

"Beliau tidak bisa ikut, karena faktor usia," katanya seraya menyebut Daud dipilih sebagai pj karena paling senior dibanding pejabat lainnya.

Di tempat yang sama, Daud Achmad memastikan dirinya akan segera memproses tahapan lelang jabatan. "Menyiapkan seleksi untuk menjaring calon sekda definitif," katanya.

Sebagai langkah awal, pihaknya akan membentuk tim panitia seleksi yang bertugas menjaring calon dan menentukan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi pendaftar. "Kita tentukan syarat administrasi, test psikologi," katanya.

Selanjutnya, tim akan melakukan seleksi administrasi. "Yang memenuhi syarat, baru ke tahap selanjutnya. Tim pansel memilih tiga calon, nanti diusulkan gubernur ke presiden untuk ditentukan," katanya. (wan)

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..