Keren! Siswa SMK Majalengka Ciptakan Aplikasi Anti-Maling, Cukup SMS Motor pun Berhenti

Kartama Azi Sawaluddin (kiri foto) saat mendemokan aplikasi anti-maling ciptaannya. Foto/Ist

JAVANEWS.TV | MAJALENGKA - Kartama Azi Sawaluddin (17) sumringah. Hasil karyanya dalam menciptakan aplikasi anti-pencurian kendaraan bermotor (curanmor) diapreasiasi pihak sekolah. Siswa kelas XI TKR SMK Negeri 1 Kertajati, Kabupaten Majale. ngka, mampu membawa harum nama sekolah sekaligus kebanggaan orangtuanya. 
KIni berkat keahliannya dalam merakit barang elektronik, banyak teman-teman di sekolah menggunakan jasa siswa yang akrab dipanggil Azi ini. Cara kerja aplikasi ini sangat mudah dan efektif karena dapat dikendalikan dalam jarak jauh. Anda cukup mengirimkan sebuah pesan lalu dengan seketika dapat menghentikan laju kendaraan motor yang dibawa kabur pencuri.
Mau tahu seperti apa Azi membuat aplikasi ini? Begini ceritanya. Semula Azi hanya sekadar hobi merakit mobil-mobilan kendali jarak jauh atau remote control. Tapi dengan kreativitasnya, Azi mampu menciptakan sebuah aplikasi antimaling kendaraan bermotor. Warga Blok Panjalin, Desa Biyawak, Kecamatan Jatitujuh, itu menamai temuannya "Kemoja Sakti" yang merupakan akronim dari kendali motor jarak jauh SMK 1 Kertajati.
Seperti dilansir indramayujeh.com, modal yang digunakan untuk membuat satu set alat tersebut hanya sekitar Rp300.000. Rinciannya untuk membeli arduino seharga Rp145.000, modul GSM seharga Rp100.000, dan membeli modul rellay seharga Rp50.000. “Awal nyoba ke lampu dan kipas angin di rumah. Setelah bisa digunakan, saya coba pasang di motor. Cara kerjanya cukup mudah, bisa
dikirim dari manapun,” kata Azi, Jumat (22/2/2019).(sp)javanews.tv		


Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..