Isi Kuliah Umum Fisip Unla, Guru Besar UPI Kupas Tuntas Revolusi Industri 4.0

Dekan Fisip Universitas Langlangbuana Dr. Tati Sarihati, Dra., M.Si., memberikan cenderamata kepada Guru Besar Ilmu Politik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof. Dr. Cecep Darmawan, S.IP., M.Si., M.H., dalam kuliah umum yang di Kampus Unla, belum lama ini.

JAVANEWS.TV | BANDUNG - Dahsyatnya perkembangan era teknologi informasi pada era revolusi industri 4.0 ini adalah sebuah keniscayaan. Era revolusi industri telah ‚Äėmemaksa‚Äô kita untuk terus bisa menyesuaikan diri terhadap segala perubahan-perubahan masif mulai dari budaya, pola pikir, hingga gaya hidup (lifestyle) masyarakat.

‚ÄúBukan hanya itu, di era digitalisasi ini juga menuntut adanya perubahan pada semua sendi kehidupan ekonomi, politik, pendidikan, dan pemerintahan,‚ÄĚ ujar Guru Besar Ilmu Politik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof. Dr. Cecep Darmawan, S.IP., M.Si., M.H., dalam Kuliah Umum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Langlangbuana Bandung, belum lama ini.

Kuliah Umum dibuka dengan sambutan dari Dekan Fisip Universitas Langlangbuana Dr. Tati Sarihati, Dra., M.Si., serta dimoderatori oleh Wakil Dekan 1 Dr. Budi Kurniadi, Drs., M.Si. Hadir pula seluruh unsur pimpinan Fisip Unla, dosen, serta mahasiswa seluruh angkatan.

Menurut Cecep, era teknologi informasi khususnya era revolusi industri 4.0 diindikasikan antara lain: 1) penggunaan internet; 2) robot kecerdasan buatan; 3) big data; 4) otomatisasi; 5) teknologi nano; 6) bioteknologi dan blockchain.
Baca Juga:

Dansektor 21 Satgas Citarum Harum Beri Kuliah Umum di Telkom University

Keren! D3 Kepolisian FISIP UNLA Sukses Sosialisasikan Fungsi Kepolisian


Cecep mengungkapkan, Implikasi atas perubahan sosial yang begitu cepat di era revolusi industri 4.0 menuntut perubahan regulasi, budaya birokrasi, budaya kerja masyarakat, dan bentuk institusi pemerintahan itu sendiri menuju governansi digital.

Tujuan utama dari pemerintahan yang berbasis IT khususnya digitalisasi pemerintahan adalah peningkatan pelayanan publik untuk kepuasan warga negara melalui penerapan e-government yang serba cepat, tepat waktu, transparan, dan simpel.
‚ÄúIni semua merupakan wujud demokratisasi di era governansi digital yang menempatkan warga negara sebagai unsur penting dalam konteks pembangunan nasional,‚ÄĚ ungkap Cecep. (sp)

Javanews.tv

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..