Camilan Tradisional Khas Jawa Barat

  • Redaktur by rahmat Jumat, 11 Okt 2019, 18:30

Foto: net

JAVANEWS.TV I BANDUNG,- Di Jawa Barat ada banyak jajanan tradisional yang enak buat camilan. Meski sederhana tetapi rasanya yang beragam dijamin bikin ketagihan.

Dilansir detikFood, Kamis (11/10/2019) Ada beberapa yang juga populer sampai ke daerah-daerah lain. Mulai dari Peuyeum hingga Gapit, berikut ini jajanan ndeso khas Jawa Barat yang cocok buat camilan.

Salah satunya, peuyeum merupakan jajanan khas Bandung yang terbuat dari singkong. Dibuatnya Peuyeum oleh masyarakat Bandung, lantaran dulu di kawasan rumah mereka banyak terdapat tanaman singkong. Akhirnya mereka memanfaatkan hasil alam yang melimpah tersebut sebagai makanan untuk menghangatkan. Cocok untuk orang Bandung, yang mana daerahnya terkenal dengan hawanya yang dingin.
Baca Juga:

Ridwan Kamil Berikan Santunan Rp 1 Miliar Pada Korban Tsunami Di Lampung

Ridwan Kamil : TPPAS Lulut-Nambo Ditargetkan Bisa Beroperasi Juli 2020


Untuk membuat peuyeum, singkong diolah dengan cara difermentasi. Hasil fermentasi tersebut yang membuat singkong bisa memberikan efek hangat untuk tubuh. Proses pembuatan Peuyeum juga terbilang mudah. Singkong yang sudah dikupas dan dicuci bersih kemudian direbus sampai matang. Kemudian tiriskan sampai benar-benar dingin. Setelah dingin, singkong tersebut ditaburi ragi dan dilapisi daun pisang.

Lalu, disimpan dan dibiarkan selama 2 sampai 3 hari dalam wadah tertutup untuk difermentasi. Setelah beberapa hari tersebut barulah singkong berubah menjadi peuyeum yang rasanya manis dan asam segar. Tampilannya sama seperti tape, tetapi peuyeum lebih tahan lama karena teksturnya yang kurang berair. Sementara tape teksturnya berarir. (MAT)

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..