Dinikahkan Massal, Puluhan Pelajar di Majalengka Bahagia

Puluhan pelajar mengikuti acara sosialisasi nikah massal di lingkungan sekolanya. Foto/tintahijau.com

JAVANEWS.TV | MAJALENGKA - Ada pemandangan berbeda di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Umah Leuwimunding, Majalengka, belum lama ini. Hari itu adalah hari spesial dan ditunggu-tunggu bagi puluhan siswa kelas XI. Mereka bahagia bisa mengikuti "nikah massal" yang digelar di lingkungan MA pada Rabu (13/2/2019) lalu. 

Satu persatu pasangan mengucapkan akad nikah di depan petugas Kantor Urusan Agama (KUA). Karena usia mereka masih dini, acara yang seharusnya sakral justru tampak riuh. Namun petugas yang dipimpin langsung Kepala KUA Kecamatan Leuwimunding secara sabar membimbing tiap pasangan.

"Ini sedang praktek akad nikah untuk memantapkan materi fikih munakahat kepada siswa," kata Taopik Hidayat, Humas Kemenag Majalengka, seperti dikutip tintahijau.com.

Taopik mengatakan petugas Kantor Urusan Agama memberikan materi tentang Sosialisasi UU nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan, Kompilasi Hukum Islam tentang Munakahat dan PMA nomor 19 tahun 2018 tentang Pencatatan Perkawinan," katanya

Pemberian materi berlangsung di Mushalla K.H Abdul Chalim MA Unggulan Amanatul Umah Leuwimunding dengan menghadirkan Kepala KUA Kecamatan Leuwimunding, Cece Moh. Ihya sebagai nara sumber.

"Dia menyampaikan materi seputar masalah nikah, talak, dan rujuk baik dari sudut pandang hukum Islam maupun peraturan perundang-undangan dan prosedur pendaftaran  perkawinan di Kantor Urusan Agama," ungkap Taopik

Acara tersebut sambung Taopik bertujuan memberikan pemahaman yang lebih jelas kepada para siswa tentang hukum munakahat. Materi diakhiri dengan simulasi akad nikah yang dilakukan para siswa dan tanya jawab. "Sesi terakhir ini membuat para siswa tergelak karena simulasi akad nikah diperankan oleh siswa dan siswi berperan sedang akad nikah di depan penghulu," pungkas Opik.


(sp)


javanews.tv

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..