210609200642-komis.jpg

Komisi IV DPRD Jabar mengunjungi UPTD LLAJ Wilayah III Garut/ Terminal Tipe B untuk memonitor kegiatan anggaran tahun 2021 dan rencana anggaran tahun 2022 di Kabupaten Tasikmalaya. Jumat, (4/6/2021). (ist)

Komisi IV : Terminal Tipe B Diharapkan Bisa Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

JAVANEWS | TASIKMALAYA,- Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat meninjau langsung Progress Rencana Pembangunan Terminal Tipe B dibawah UPTD LLAJ Wilayah III , Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar Daddy Rohanady mengatakan , Kunjungan Komisi kali ini karena di Kabupaten Tasikmalaya ada terminal tipe B milik Provinsi Jawa Barat yang berada di Kecamatan Singaparna yang diharapkan bisa menghubungkan antar Kabupaten di jawa barat demi memudahkan pergerakan masyarakat .

"Kami mengunjungi UPTD Wilayah III ini yang ada di Kabupaten Tasikmalaya karena ada terminal tipe B milik provinsi jawa barat yang ada di singaparna, kami ingin terminal ini menjadi jembatan penghubung ke Kota dan Kabupaten lain di jawa barat dengan Bus AKAP - Antar Kota Antar Provinsi - untuk memudahkan pergerakan masyarakat karena kita tau banyak orang tasik ini yang melakukan bisnis dan kita ingin mempermudah itu," ujar Daddy.

Daddy Menambahkan, Komisi IV juga ingin mengetahui progres terminal tersebut yang merupakan salah satu dari 14 terminal tipe B milik Provinsi, namun hingga saat ini P3D (Personel, Pendanaan, Sarana dan Prasarana serta Dokumen) belum selesai, karena tanpa itu langkah pembangunan berikutnya tidak bisa terjadi.

"Kami ingin progres karena terminal singaparna merupakan salah satu dari 14 terminal tipe B milik provinsi yang P3D belum clean dan clear , maka tadi kita minta hadir ketua DPRD dan ketua Komisi III kabupaten tasik dengan begitu kami berharap dorongan diberikan untuk mempercepat penyerahan P3Dnya karena tampa itu langkah berikutnya pembangunan tidak bisa terjadi, kenapa harus dipercepat karena ada rencana mereka minta itu di tukar guling dengan lahan baru yang tentu luasnya sudah diperhitungkan maka mereka harus mempercepat P3Dnya , baru kami di komisi IV mendorong untuk percepatqn pembangunan dari 14 terminal tipe B," tutup Daddy.

Sementara itu Anggota Komisi IV lainnya Jajang Rohana mengatakan, ini merupakan amanat undang - undang bahwa terminal tipe B kewenangannya dibawah provinsi , maka penyerahan P3Dnya harus secepatnya dilakukan agar provinsi bisa megeksekusi untuk melakukan kegiatan di terminal Singaparna sehingga provinsi bisa mengalokasikan anggaran untuk membenahi semua terminal tersebut.

"Karena amanat undang-undang bahwa terminal tipe B ini kewenangannya dipindahkqn ke provinsi maka otomatis penyerahan P3Dnya harus segera dilakukan , agar provinsi bisa mengeksekusi melakukan kegiatqn di terminal ini , selama ini di terminal singaparna ini kita belum bisa melakukan kegiatan karena serah terima asetnya dari kabupaten tasik ke provinsi jawa barat belum dilakukan , oleh karena itu ini yang paling penting supaya ada 14 terminal tipe B di jawa barat ini maka harapannya semuanya segera serah terima ke provinsi agar provinsi bisa mengalokasikan dana buat membenahi semua terminal tersebut " punkas Jajang .

Selain Jajang , Viman Alfarizi anggota Komisi IV lainnya juga mengatakan , perlu adanya sinergitas antara pemerintah provinsi dan kabupaten dan komisi IV akan mengawal karena ada 14 terminal tipe B di Jawa Barat yang harus diselesaikan di RPJMD hingga tahun 2023 mendatang , sehingga kedepannya multiplayer effect bagi kabupaten tasikmalaya yang mempunyai daratan dan lautan yang luas bisa terwujud dan Jawa Barat akan mendapatkan multiple effect yang luar biasa.

"Saya rasa untuk pemerintah provinsi dan kabupaten harus sinergis , yang harus kita kawal karena kita mengejar 14 PR terminal tipe B di Jawa Barat yang harus kita selesaikan di RPJMD kita sampai dengan tahun 2023 , jadi 7 terminal yang sudah clean and clear dan harus mengajar sisa lagi 7 terninal yang belum clean and clear yang salah satunya terminal Singaparna , sehingga kedepannya juga multiplayer effect bagi kabupaten Tasikmalaya yang mempunyai daratan dan lautan juga yang luas juga bisa terwujud dan Jawa Barat pun akan mendapatkan multiple effect yang luar biasa," tutup Viman Alfarizi. (WAN)

Penulis/Pewarta: Wawan
Editor: Agus Hermawan
©2021 JAVANEWS.TV

Komentar