Pemprov Jabar Tawarkan Solusi Atasi Banjir Baleendah

  • Redaktur by rahmat Selasa, 26 Feb 2019, 22:30

Foto: Humas Jabar

JAVANEWS.TV I KAB BANDUNG, - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat terus memikirkan solusi besar untuk menangani masalah rutin banjir di Baleendah dan sekitarnya. Meskipun kolam retensi Cieunteung sudah selesai, namun hal itu belum menyelesaikan masalah banjir di lokasi lain. 

Untuk itu, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil (Emil) mengungkapkan masih ada sekitar empat kolam retensi yang harus dibangun.

“Saya kira masalah rutinitas banjir ini perlahan-lahan sedang kita bikin solusi besarnya. Danau Cieunteung sudah selesai, sebagian bermanfaat tapi belum kepada yang lain. Kita ada sekitar empat lokasi lagi yang sedang kita bangun tahun ini, yaitu danau retensi untuk parkir air,” katanya saat meninjau banjir dan kolam retensi Cieunteung di Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Selasa (26/2/2019). 

Solusi lainnya yaitu terowongan Curug Jompong yang diperkirakan akan selesai akhir tahun ini. Gubernur pun memaklumi apabila masih ada warga yang kecewa karena masalah banjir yang terus berulang setiap tahun. 
Baca Juga:

TNI-Polri Bantu Korban Banjir Bandang Bandung Timur

Detik detik Tim SAR Evakuasi Korban Banjir Bandang


“Terowongan di ujung di Curug Jompong akhir tahun selesai, sehingga yang tadinya air macet karena belok dan banyak bantuan penghalang, bisa menerabas lewat terowongan langsung ke arah hilir. Mudah-mudahan akhir tahun selesai,” ujar Gubernur.

Emil menilai kekecewaan masyarakat yang terdampak banjir merupakan sesuatu yang wajar. Namun, ia menegaskan pihaknya segera mencari solusi terbaik untuk mengatasi banjir tahunan tersebut.

“Tapi poinnya adalah saya sebagai pemimpin, pemimpin yang turun tangan, saya datang, saya lihat. Masalah warga ada yang kecewa saya kira itu biasa, karena saya paham belasan, puluhan tahun (banjir). Tapi percayalah kami datang untuk mencari solusi dan pertolongan,” pungkasnya (MAT)

Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..