Luncurkan IJP, ICMI Jabar Kembangkan Program Khusus Berbasis Digital

  • Redaktur by Wawan Sabtu, 15 Feb 2020, 22:40


JAVANEWS.TV | BANDUNG,-
Sebagai upaya untuk mendorong sumber daya manusia di Jawa Barat, Ikatan Cendikiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Jawa Barat meluncurkan program khusus ICMI Jabar Publishing (IJP). Rencananya ICMI Jabar Publishing ini akan melibatkan banyak pihak termasuk para dosen, ulama dan unsur terkait lainnya.

Ketua ICMI Jawa Barat Prof.Muhamad Najib mengatakan, ICMI Jabar telah membentuk suatu program Icmi Jabar Publishing. Program tersebut dimaksudkan untuk membantu masyarakat dalam menyampaikan karya ilmiah serta media informasi atau dakwah berbasis digital. Dalam program ICMI Jabar Publishing sendiri ada 3 bidang yang akan difokuskan. Yakni, jurnal karya ilmiah, dakwah dgitial, dan media informasi.

"Seperti membentuk jurnal internasional dengan nama absort internasional jurnal of scince review. Tujuannya adalah mempuliskasikan karya karya ilmiah atau riset dari para akademisi, baik di lingkungan ICMI, maupun diluar ICMI. Baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, dan itu bersifat terbuka. Ini juga jadi komitmet kepedulian ICMI dalam berkontribusi pada pengembangan media yang digunakan untuk publikasi hasil karya akademi baik nasional maupun internasioanal. Karena banyak pengurus ICMI berprofesi dosen baik PTN maupun swasta di jabar," jelas Najib disela acara peluncuran ICMI JABAR Publishing dan pelatihan Jurnal Internasional di Aula Icmi Jabar Jln.Cikutra Bandung, Sabtu (15/2/2020).
TONTON VIDEONYA DISINI..



Menurutnya hal tersebut sangat penting, sebagai salah satu upaya dalam mendorong sumber daya manusia. Termasuk juga mendorong karya ilmiah akademisi yang bisa bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itulah ICMI Jabar pun menggelar pelatihan Jurnal Nasional dan Internasional.
Baca Juga:

Dorong Pengembangan UKM, ICMI Jabar Gelar Workshop Gratis Pelatihan Tekhnologi Digital

ICMI Jabar, Fenomena Virus Corona Ada Indikasi Turunnya Azab


"Hari ini ICMI Jabar pun menggelar pelatihan jurnal, salah satunya ada pelatihan akademi copiwriting baik jurnal nasional maupun jurnal internasional untuk kebutuhan dosen. Apalagi banyak dosen yang belum terbiasa mengupload hasil karya di jurnal nasional dan internasional. Worksohop ini diselenggarakan untuk memberikan pembekalan keterampilan bagaimana mempublikasikan karya akademik menlalui jurnal," katanya.

Hal senada pun diungkapkan Guru Besar UPI Prof.Cecep Darmawan. Dikatakannya pelatihan jurnal ini sangat penting bagi para dosen. Terlebih masih banyak dosen yang belum paham dalam pembuatan jurnal. "

"Pelatihan ICMI ini dalam rangka meningkatkan kompetensi para dosen, nmenulis jurnal jurnal baik yang berakreditasi maupun reputasi. Ini bukan hal yang pertama, tapi kita harapkan dilanjutkan sampai pada pelatihan yang lebih real, sehingga mereka para peserta bisa mencoba tulisan secara utuh, dan bagaimana mengakses pada jurnal jurnbal yang bereputasi internasional," katanya.

Sementara itu Dedeng Yusuf Maulani, Direktur Icmi Jabar Publishing mengatakan, icmi jabar publishing, itu adalah program khusus icmi dalam rangka bagaimana icmi sebagai organisasi cendikiawan yang paripurna bisa mengeluarkan produk ilmiah. Kemudian anggota icmi harus berdakwah kepada masyarakat mengikuti era pengembangan jaman.

"Jadi ini melalui media digital dan ini sesuai dengan program gubernur jabar Ridwan Kamil. Dalam hal ini Icmi Jabar Publishing itu ada 3 divisi, media ilmiah atau jurnal, itu untuk akademisi. untuk membantu orang orang yang mau naik pangkat atau profesor. Termasuk juga menerbitkan buku sebagai karya ilmiah. Kedua terkait dengan dakwah digital. Bagaimana menerbitkan artikel terkait dakwah. Ketiga itu ada portal khusus kita. Ada media informasi seperti media online lainnya. Tentunya program ini akan kita sinergikan dengan program pemerintah provinsis jabar, sesuai dengan arahan Prof Najib Ketua Icmi Jabar, bahwa kita harus mendukung program pak gubernur," jelasnya. (wan)

  • Share
Stempel hada stamp

BERITA TERKAIT

Sports

Berita Terkini

Berita Populer

NEWSLETTER

Subscribe to our newsletter to get notification about new updates, information, discount, etc..