Bisakah Hiu Gigit Kabel Telkon Bawah Laut? Simak Penjelasan Pakar Perikanan IPB

210927001531-bisak.jpg

Bisakah Hiu Gigit Kabel Telkon Bawah Laut? Simak Penjelasan Pakar Perikanan IPB (Foto: Net)

JAVANEWS.TV I JAKARTA,-

Sempatviralgangguan internet Telkomsel dan Indihome yang terjadi beberapa waktu lalu diduga karena gigitan hiu. Gangguan internet berlangsung selama tiga hari sejak, Minggu 19 September 2021.

Namun, beredarnya kabar tersebut diketahui hoaks. Foto maupun video yang menyebar luas adalah hasil jepretan lama yang kembali dimuat ulang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Mengutip Okezone,
Munculnya foto dan video hoaks tersebut diketahui bermula dari Tiktok dan Twitter. Video tersebut memperlihatkan penyebab kabel serat optikkabel bawah lautputus akibat gigitan hiu. Selain, itu terdapat pula foto-foto perbaikan jaringan bawah laut.

Salah satu pengguna Twitter mengunggah foto tentang kabel Internet Indihome dan Telkomsel yang putus itu. Dalam keterangannya dituliskan "Telkomsel & Indihome down banyak yg protes dan ngomel-ngomel di sosial media bahakan ada ayng buat kata-kata tdk sopan. Buat manusia yg sperti itu tolong agar di kondisikan. Mereka sdh berusaha utk kita dan nya ajuga jadi taruhannya #indihomedown." tulis akun tersebut

Dalam narasinya, pengunggah foto meyakinkan bahwa telah ada pekerja yang sedang memperbaiki kabel. Namun hal itu nyatanya hoaks. Gambar tersebut adalah foto-foto lama milik U.S Pacific Fleet yang diambil pada 14 Agustus 2013 di flickr.

Pakar Perikanan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Sulistiono mengaku telah mengecek di YouTube bahwa video hoaks tersebut sudah beredar sejak Agustus 2014.

Diketahui dalam video tersebut hiu mencoba memakan kabel dengan gigitan yang kuat. Hal itu terjadi karena hiu tertarik pada benda yang memiliki medan magnet.

"Iya. Kalau menurut informasi tersebut, Google memperkuat atau melapisi kabel dengan Kevler. Hiu tertarik pada benda yang memiliki medan listrik. Apa kabel tersebut ada medan listriknya, perlu dicek juga. Kalau ada kabel listrik bisa jadi tertarik ya," ujarnya kepada Okezone.

Pakar hiu dari Cal State-Long Beach juga berpendapat hiu mungkin hanya ingin tahu. Ikan hiu tersebut merasakan medan elektromagnetik dan mungkin tertarik terhadap arus.

Berdasarkan keterangan dari Sulis, ikan hiu yang tertarik terhadap kabel diantara banyak ikan hiu adalah hiu-biaya (crocodile shark) dengan nama ilmiahnya pseudocarcharias kamoharai. Tempat hidup nya di dekat permukaan sampai laut yang cukup dalam 590 m (mesopelagic zone).

Sulis tidak mengelak apabila dikemudian hari ikan hiu bisa melakukan hal tersebut di Indonesia. Namun, masyarakat tidak perlu khawatir dan termakan hoaks, karena bisa bertanya pada ahlinya.

Pewarta: Rahmat
Editor: Rahmat
©2021 JAVANEWS.TV

Komentar